-->

Fungsi Dan Manfaat EM4 Untuk Tanaman

Fungsi Dan Manfaat EM4 Untuk Tanaman - Dalam pertanian penggunaan pupuk sangat penting untuk meningkatkan pertumbuhan dan hasil panen dari tanaman, penggunaan pupuk yang digunakan untuk tanaman cukup banyak sehingga membuat kita untuk berpikir lebih jauh untuk mengeluarkan modal dalam membeli pupuk tersebut.

Banyak cara yang digunakan oleh petani untuk meningkatkan pertumbuhan  dan hasil panen tanaman, ada yang menggunakan pupuk kimia dan ada juga yang memakai pupuk organik.

Biaya yang dikeluarkan untuk membuat pupuk organik sangat murah, karena bahan yang di dapatkan cukup mudah sehingga pupuk ini bisa disebut pupuk murah.

Jika kita memilih untuk menggunakan pupuk organik, kita harus membuat ya sendiri, nah untuk membuat pupuk organik yang lebih mudah kita menggunakan bakteri starter atau EM4 (Effective Microorganisms-4) untuk mempercepat fermentasi pembuatan pupuk organik tersebut.

Untuk itu saya akan menjelaskan sedikit  tentang Bakteri starter atau EM4.
Baca juga Kelebihan dan Kekurangan dari Pupuk Anorganik

Apa itu EM4??

Pertama kita harus tahu dulu apa itu EM4 (Effective Microorganisms-4) merupakan bakteri starter yang digunakan untuk pembuatan pupuk organik, juga bisa digunakan untuk memperbaiki kondisi tanah, menekan pertumbuhan mikroba yang merugikan sehingga mikroba tersebut menimbulkan penyakit pada tanaman.

Em4 merupakan campuran dari banyak bakteri yang bermanfaat untuk kesuburan tanah, bakteri yang ada pada EM4 adalah Bakteri Fotosintetik,  Ragi / Yeast, Bakteri asam laktat, Jamur Fermentasi dan Actinomycetes.

Setiap mikroorganisme yang ada pada EM4 mempunyai fungsi dan manfaat masing-masing, mulai dari bakteri yang mempercepat pertumbuhan, sebagai substrat mikroorganisme lain sehingga jumalah dari mikroorganisme terus bertambah, mempercepat fermentasi bahan organik, menekan pertumbuhan jamur dan bakteri yang merugikan dan manfaat lainnya.

Manfaat EM4

Adapun manfaat EM4 untuk bidang pertanian
adalah sebagai berikut

1. Memulihkan kondisi tanah mulai dari sifat fisik, kimia dan biologi
2. Meningkatkan hasil produksi tanaman dan menjaga kestabilan produksi
3. Menjadi bakteri starter untuk pembuatan pupuk organik/bokashi
4. Mempercepat fermentasi dalam pembuatan pupuk organik/bokashi
5. Memperbanyak unsur hara yang terkandung dalam tanah untuk kebutuhan tanaman.

Sekian penjelasan saya mengenai manfaat dari EM4, semoga bisa bermanfaat bagi anda yang akan mengaplikasikannya.

0 Response to "Fungsi Dan Manfaat EM4 Untuk Tanaman"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel