-->

Cara Membuat Pupuk Organik/Bokashi Cair

Membuat Pupuk Organik/Bokash Cair Skala Rumah Tangga - Sebelumnya saya menjelaskan tentang membuat pupuk organik/bokashi untuk skala pertanian, kali ini saya akan melanjutkan menjelaskan cara membuat pupuk organik/bokashi untuk skala rumah tangga.

Bahan-bahan Dalam Membuat Bokashi Cair

Seperti yang sudah saya jelaskan pada postingan sebelumnya untuk penyiapan bahan-bahan yang digunakan untuk membuat pupuk organik/bokashi akan saya uraikan bahan apa saja yang harus disiapkan.
  • Sampah rumah tangga/sampah organik yang mudah terurai
  • Dedak/serbuk gergaji
  • Seka arang
  • Em4
  • Gulapasir
  • Tongplastik ukuran 200 ltr (untuk tempat fermentasi) tambahan kran air untuk keluarnya pupuk cair.

Cara Membuat Bokashi Cair

Pupuk organik/bokashi yang dibuat untuk skala rumah tangga dapat memanfaatkan limbah/sampah dapur atau sisa-sisa makanan. Hasil dari pembuatan pupuk organik/bokashi dari hasil daur ulang  limbah/sampah dapur bisa digunakan untuk memupuk tanaman halaman rumah. Untuk penggunaannya sama saja dengan penggunaan pupuk organik atau pupuk kimia yang dijual dipasaran. Untuk cara pembuatannya sebagai berikut:
  • Dari bahan yang sudah sebutkan tadi seperti bahan berikut: limbah/sampah dapur berupa sisa sayuran, sisa makanan (nasi, roti, dll) dan buah-buahan, 5 kg dedak/serbuk gergaji (bisa dibeli toko peternakan), 5 kg arang sekam (bisa dibeli di toko), 10 ml EM4 dan dua sendok gula pasir (campurankan dulu  antara EM4 dan gula pasirnya dengan tambahan air 1 liter).
  • Jika  tong plastik ukuran 200 liter sudah siap buat lubang bagian bawahnya dan pasang kran air (jika bisa tambah kran air dengan peralon yang sudah di lubangi dan bungkus peralonnya dengan kain kasa untuk menyaring pupuk organik cair.
  • Persiapan sudah siap semuanya, pertama cacah/potong kecil-kecil limbah/sampah dapur, campurkan semuanya dengan dedak/serbuk gergaji, arang sekam dan aduk campuaran tersebut secara merata.
  • Setelah itu siramkan campuran EM4 dan gula pasir yang sudah disiapkan secara merata pada bahan pupuk organik/bokashi tadi.
  • Tutup tong plastik dengan rapat untuk menjaga suhunya, bila suhu melebihi 45°C. Diamkan selama 7-14 hari, kalo bisa cek suhunya agar tidah melebihi 45°C setiap beberpa hari supaya fermentasi pembuatan pupuk organik/bokashi cair mendapatkan hasil yang maksimal  setelah hasil maksimal tampung pupuk organik/bokashi cair tersebut. 

Jika ingin digunakan untuk pemupukan tanaman di depan rumah, campur dengan air lagi hasil dari pupuk organik/bokashi cair tersebut kemudian siramkan pada tanaman.

Sekian penjelasan dari saya semoga bisa bermanfaat, jika ada kritik dan saran anda bisa tulis di kolom komentar atau bisa melalui kontak dengan menggunakan email.

0 Response to "Cara Membuat Pupuk Organik/Bokashi Cair"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel