-->

Fungsi Dari 5 Jenis ZPT dan Manfaatnya Bagi Tanaman

Pada masa sekarang ini perkembangan tentang ilmu pertanian cukup mudah didapat mulai dari buku maupun dari internet, karena mudahnya informasi itu didapatkan cara kerja pertanian pun mulai berkembang dari cara menanam tanaman, mengendalikan hama menggunakan pestisida alami maupun kimia, perkembangan pun terjadi pada pertumbuhan tanaman dari yang biasanya dibuat alami untuk pertumbuhan tanaman sampai menggunakan ZPT (Zat Pengatur Tumbuh) untuk mendorong dan menghambat pertumbuhan tanaman.

5 Jenis ZPT dan Manfaatnya Bagi Tanaman


Apa Itu ZPT? 


Istilah ZPT anda mungkin pernah mendengarnya? Saya yakin dari anda pengunjung blog ini pernah mendengarnya istilah ZPT tersebut. ZPT atau Zat Pengatur Tumbuh untu istilah asingnya PGR atau Plant Growth Regulator, ZPT merupakan hormon tumbuhan yang bisa terbentuk secara alami maupun dibuat oleh manusia.
Baca juga Perangsang Akar Alami dari Bawang Merah

ZPT berfungsi untuk mendorong, menghambat sehingga mengubah laju pertubuham tanaman dalam hal pertumbuhan, perkembangan dan pergerakan suatu tanaman. Banyak jenis ZPT yang bisa digunakan sesuai keinginan anda dari auksin, giberelin, sitoknin, etilena dan asam absisat, dari banyaknya jenis ZPT tersebut akan saya jelaskan sedikit mengenai fungsinya.

Fungsi ZPT


  • Auksin (AUX)

  • Auksin merupakan suatu horman yang ada didalam tanaman sebagai pengatur pembesaran sel dan pemanjangan sel serta sintesis protein. Auksin bisa dibuat secara alami maupun sintetik, bahan alaminya dari bekicot, kecambah dan keong mas, untuk bahan sintetik yaitu miben atau Kloramben (Asam 3 - amino 2, 5 – diklorobenzoat), Bonvel Da2, 4 - Diklorofenolsiasetat), Hidrazil atau 2, 4 - D (asam -Nattalenasetat) dan Pikloram/Tordon (asam 4 – amino – 3, 5, 6 – trikloro – pikonat), contoh merk dagangnya yaitu Root most, Root up ,Ratu Biogen SL, Rootone-F dan Atonik.
    Adapun fungsi auksin sebagai berikut.
    1. Membantu dalam pembibitan tanaman ,memacu percepatan pertumbuhan akar dan batang,
    2. Membantu mempercepat perkecambahan,
    3. Membantu proses pembelahan sel,
    4. Membantu mempercepat pematangan buah, dan
    5. Membantu mengurangi jumlah biji didalam buah.

  • Giberelin (GA)

  • Giberelin merupakan hormon yang mengontrol beragam aspek pertumbuhan dan perkembangan tanaman, baik dalam perkecambahan biji, perpanjangan batang, perluasan daun, perkembangan kepala sari dan memicu pembungaan. Dari banyaknya jenis giberelin yang ada, gibberellic acid (GA3) yang sering digunakan untuk tanaman. Adapun beberapa merk dagang ZPT giberelin dipasaran yang kandungan utamanya GA3 diantaranya adalah Progib 20 SL, Bigest 40 EC, Super gib 20 TB dan Gibgro 20 SP.
    Fungsi dan manfaat dari Giberelin yaitu :
    1. Memacu dan mempercepat pembungaan,
    2. Merangsang pemanjangan akar dan batang, dan
    3. Penyerbukan bunga lebih efektif.

  • Sitonknin (CK)

  • Sitoktin merupakan hormon yang memicu pembelahan sel pada tanaman, ada 2 tipe sitoknin: tipe pertama adalah Adenin yang diwakili oleh kinetin, BA dan zeatin, tipe kedua fenilure diwakili difenilurea dan tidiazuron. Adapun pengaruh lain dari sitoknin sebagai memicu pertumbuhan pucuk tanaman, pertumbuhan kuncup samping dan proses peluasan dan penuaan daun. Fungsi khusus dari sitoknin yaitu :
    1. Merangsang pembelahan sel dengan adanya auksin dan giberelin,
    2. Merangsang pertumbuhan kuncup samping pada tanaman,
    3. Merangsang penuaan daun sehingga daun menjadi lebar dan lebih hijau, dan
    4. Merangsang percabangan akar.

  • Etilena (ETH)

  • Etilena merupakan hormon yang dihasilkan dari metabolisme pada tanaman, etilena sering disebut dengan gas etilena karena senyawa etilena ditemukan pada fase gas dalam tumbuham.
    Fungsi khusus etilena/gas etilena yaitu :
    1. Merangsang pertumbuhan pada akar dan batang,
    2. Merangsang pembetukan akar, batang dan bunga,
    3. Merangsang pemekaran bunga, dan
    4. Menghambat pemanjangan batang Merangsang pengguguran buah dan daun.

  • Asam Absisat (ABA)

  • Asam absisat merupakan hormon inhibator yang merangsang tanaman untuk menghambat pertumbuhan batang, asam absisat sering digunakan untuk pembesaran umbi-umbian seperti wortel, kentang dan yang lainnya. Merk dagang yang ada dipasaran adalah Mc Errol 15 WP.

    0 Response to "Fungsi Dari 5 Jenis ZPT dan Manfaatnya Bagi Tanaman"

    Post a Comment

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel