-->

Membuat Perangsang Akar Alami dari Bawang Merah

Membuat Perangsang Akar Alami dari Bawang Merah - Jika anda seorang yang menyukai tanaman  dan suka mengembangbiakan tanaman, mungkin anda harus mengetahui informasi ini tentang cara membuat perangsang akar dengan  bawang merah.

Perangsang Akar Alami dari Bawang Merah

Bawang merah merupakan bahan yang digunakan untuk memasak, selain untuk memasak bawang merah juga bisa dibuat untuk ZPT (Zat Pengatur Tumbuh) tanaman agar tanaman tumbuh dengan baik, tanaman yang di setek, jika di rendam dengan ZPT alami dari bawang merah bisa memacu cepatnya pertumbuhan akar.
Apakah harus menggunakan ZPT pada tanaman yang di setek? Sebenarnya itu harus dan tidak harus juga, tergantung daru petani tersebut. Jika tidak menggunakan ZPT pada tanaman yang di setek mungkin pertumbuhan akarnya akan lebih lambat dibandingkan jika tanaman yang menggunakan ZPT. Jadi bila diperlukan untuk mempercepat pertumbuhan akar mungkin ZPT itu harus digunakan.
Baca juga Fungsi dari 5 Jenis ZPT bagi Tanaman

Pada dasarnya setiap tanaman memiliki hormon perangsang akar alami yaitu Rhizokalin dan Kaulin, setiap tunas tanaman bisa tumbuh dengan baik tanpa menggunakan hormon tambahan seperti ZPT, namun pertumbuhannya lambat oleh karena itu perlu ada hormon tambah yang diperlukan untuk mempercepat pertubuhan tersebut.

Selain anda bisa membuat ZPT alami menggunakan bawang merah sebagai perangsang akar. Anda juga bisa membeli produk ZPT yang ada dipasaran yaitu seperti Root Most atau pun Root-up. Anda bisa membelinya dengan mudah menggukannya langsung tanpa harus membuatnya sendiri.

Akan tetapi setiap produk atau bahan alami untuk merangsang akar tanaman memiliki kelebihan masing-masing, maka saya sarankan anda untuk mencoba perangsang akar alami dari bawang merah ini.

Kandungan bawang merah sebagai ZPT Alami

Umbi Bawang merah dapat digunakan sebagai ZPT karena pada bawang merah mengamdung Vitamin B1 (Thiamin) dan Allicin yang berguna untuk pertumbuhan tunas, selain itu juga umbi bawang merah juga mengandung zpt Auxin dan Rhizokalin yang dapat merangsang pertumbuhan akar tanaman.

Thiamin dan Allicin akan membentuk ikatan allithiamin yang mudah diserap oleh sel tanaman yang akan memacu pertumbuhan tunas dan daun. Sedangkan hormon Auxin akan memacu protein tertentu yang dapat mengaktifkan enzime untuk pemanjangan sel tumbuhan.

Perbandingan Biaya antara Bahan Sintetis dan Bahan Alami sebagai Perangsang Akar

Dalam pembiakan tanaman dengan cara setek diperlukan ZPT untuk merangsang akar tanaman. Biaya yang harus dikeluarkan untuk membeli bahan sintetis atau produk pasaran dari perangsang akar seperti root most, Golden Gro dan Root-up yaitu tergamtung dari harga  produk tersebut. Dibawah ini harga pasaran dari ketiga produk tadi yang saya sebutkan antara lain:

  • Golden Gro     *Rp. 95.000,- sampai Rp. 115.000,-
  • Root Most      *Rp. 30.000,- sampai Rp. 40.000,-
  • Root-Up           *Rp. 30.000,- sampai Rp. 40.000,-

* Harga diatas adalah harga kisaran mungkin setiap toko melabelkan harga yang berbeda-beda.

Jika anda menggunakan bahan alami untuk perangsang akar akan lebih murah dari produk sintetis yang ada dipasaran. Pengeluaran yang di keluarkan dari penggunaan bahan alami sebagai perangsang akar yaitu sekitar Rp. 2.000,- sampai  Rp. 5.000,- tergantung dari berapa banyak ZPT yang dibutuhkan.

Sebagai tambahan informasi untuk 100 gram bawang merah dijual dipasaran sekitar Rp. 2.000,-. Jadi perbandingan harga pun terlihat jelas, mana ZPT yang lebih ekonomis.

Cara Membuat Perangsang Akar dari Bawang Merah

Untuk cara membuat perangsang akar dari baeah merah adalah sebagai berikut:
  • Pertama-tama anda siapkan dahulu bawang merah sekitar 200 gram dan Blander.
  • Kupas bawang merah tersebut.
  • Potong kecil-kecil bawang merah tersebut.
  • Lalu masukan bawang merah tadi ke blander dengan tambahan sedikit air.
  • Setelah terlihat halus anda bisa langsung menggunakannya atau anda bisa simpan hasil blander bawang merah tersebut ke botol.

Setiap hasil blander bawang merah tidak bisa disimpan lebih lama seperti produk sintetis, karena bahan alami dari bawang merah tersebut akan mudah busuk. Jadi untuk penggunaannya harus dilihat dari keperluan anda menggunakan bahan tersebut.

Cara menggunakan perangsang akar alami dari bawang merah

Untuk penggunaannya anda bisa mencampu bahan tadi dengan air sekitar 1 liter dan tambah fungisida tepung seperti Antracol 70 WP atau Dithane M-45 agar tanaman yang di setek tidak mudah busuk. Bisa juga anda menggunakan bawang putih sebagai pengganti dari Antracol 70 WP, Dithane M-45 yaitu sekitar 50% dari bawang merah yang anda buat sebagai perangsang akar.

Sekian artikel dari saya semoga bisa bermanfaat untuk anda dan menambah wawasan anda dalam merawat tanaman.
Selamat mencoba dan semoga berhasil...

0 Response to "Membuat Perangsang Akar Alami dari Bawang Merah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel