-->

Manfaat dan Cara membuat Daun Sirih Merah sebagai Pestisida Alami

Manfaat dan Cara membuat Daun Sirih Merah sebagai Pestisida Alami - Tumbuhan sirih merah atau Piper crocatum adalah tumbuhan yang tumbuh merambat seperti halnya sirih hijau. Batangnya berwarna hijau keunguan dan daunnya berbentuk jantung dengan bagian atas meruncing.

Permukaannya mengkilap dengan ukuran daunnya cukup lebar. Warna daun bagian permukaannya hijau bercorak putih kemerah-merahan, bagian belakang daun berwarna merah hati.

Klasifikasi tanaman sirih merah

Kingdom          : Plantae
Subkingdom   : Tracheobionta
Super Divisi    : Spermatophyta
Divisi                : Magnoliophyta
Kelas                 : Magnoliopsida
Sub Kelas         : Magnoliidae
Ordo                 : Piperales
Famili               : Piperaceae
Genus               : Piper
Spesies             : Piper crocatum

Daun bisa bermanfaat untuk kesehatan yaitu dapat digunakan sebagai obat maag, kelelahan, diabetes militus, hepatitis, keputihan, radang prostat, radang mata, nyeri sendi, asam urat, batu ginjal, menurunkan kolestrol, mencegah strok dan memperhalus kulit.
Baca juga Jenis-jenis dan Hama Sasaran dari Pestisida Alami

Selain manfaatnya untuk kesehatan, Kandungan daun sirih juga bisa dimanfaatkan untuk pestisida karena daun sirih merah mengandung bahan aktif kavikol dan fenol, minyak atasiri dan tanin pada daun sirih merah memiliki aroma yang khas.

Aroma khas ini merupakan bau yang tidak disukai oleh hama tanaman sehingga jika hama tanaman menghirup aroma bau tersebut akan menyebabkan kelemasan dan kematian secara perlahan pada hama tanaman.

Mengendalikan hama tanaman dengan menggunakan pestisida alami memiliki banyak menfaatnya, selain menjaga tanaman dari serangan hama, tanaman tidak mengandung racun kimia dan juga dapat menghemat biaya produksi.

Adapun jenis hama tanaman yang dapat dikendalikan oleh pestisida alami daun sirih merah adalah hama jenis penghisap dan pemakan daun-daunan, seperti ulat bulu, belalang dan beberapa kutu-kutuan.
Baca juga Produk/Merk Dagang dari Bahan Aktif Imidakloprid

Cara mudah membuat pestisida alami dari daun sirih

  • Siapkan daun sirih merah sebanyak 50 lembar atau lebih.
  • Tumbuk halus daun sirih merah tersebut.
  • Rendam hasil tumbukan daun sirih merah dengan air sebanyak 1 ltr selama ± 10 menit
Lalu saring hasil tumbukan tadi dan simpan ekstrak daun sirih merah ke dalam botol, untuk ampas sisa penyaringan bisa ditaburkan disekitar tanaman sebagai pupuk.

Cara penggunaan pestisida alami daun sirih merah

  • Tuangkan ekstrak daun sirih merah sebanyak 20-30 ml kedalam tangki ukuran 15 atau 17 ltr
  • Lalu semprot ekstrak daun sirih merah ke tanaman anda

Pestisida alami daun sirih merah sangat cocok untuk luas pertanian dengan skala kecil dan menengah, seperti tanaman sayuran dan tanaman hidroponik.

Demikian informasi tentang Manfaat dan Cara membuat Daun Sirih Merah sebagai Pestisida Alami, semoga bisa bermanfaat untuk anda.

0 Response to "Manfaat dan Cara membuat Daun Sirih Merah sebagai Pestisida Alami"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel