-->

Jenis-jenis dan Hama Sasaran Dari Pestisida Alami

Jenis-jenis dan Hama Sasaran Dari Pestisida Alami - Pestisida sintetis selalu mengandung banyak bahan kimia. pestisida berbahan kimia mampu membasmi serangan hama dan serangga pada tanaman. Namun semakin banyak penggunaan pestisida berbahan kimia yang digunakan tanaman menyerap makin banyak pestisida tersebut.

Bahan kimia yang tertinggal menempel pada kulit buah dan sayuran. Walaupun buah dan sayuran telah  dicuci, namun masih ada pestisida yang tertinggal dan ikut termakan. Padahal pestisida sintetis yang tak alami buruk secara langsung untuk kesehatan.

Untuk itu peralihan Penggunaan pestisida daru bahan kimia ke alami atau organik, adalah alternatif yang lebih efektif dan menyehatkan. Fungsi pestisisda alami atau organik ini sama, yaitu mengendalikan serangan hama dan serangga tanaman.

Hanya bedanya, bahan-bahan pestisida berbahan alami atau organik berasal dari akar, batang dan daun tumbuh-tumbuhan, hewan, dan mikroorganisme. Jadi hasilnyapun lebih ramah terhadap lingkungan dan kesehatan.

Jenis-jenis pestisida dari bahan alami

Dibawah ini beberapa pestisida organik yang mudah dibuat oleh anda.

Bawang putih


Bawang putih merupakan bahan yang bisa dijadikan membuat pestisida alami, ekstrak bawang putih yang digunakan untuk pestisida alami. Selain dijadikan pestisida alami, bawah putih bisa menjadi campuran untuk merangsang akar. Hama sasaran atau organisme pengganggu tanaman(OPT) dengan menggunakan pestisida bawang putih adalah antara lain serangga, jamur dan bakteri.

Daun sirih


Daun sirih banyak mengandung senyawa yang bermanfaat selain untuk kesehatan, daun sirih juga bisa dijadikan pestisida alami, kenapa daun sirih bisa dijadikan pestida alami? Karena daun sirih mengandung bahan aktif fenol dan kavikol serta bisa dijadikan minyak atsiri. Kandungan minyak atsiri memiliki daya guna dalam mematikan kuman, fungisida (anti jamur)) dan antioksidasi.
Biji jarak

Biji jarak diambil dari tanaman jarak pagar, biji jarak dikenal bisa menjadi bahan bakar biodesel, tanaman ini merupakan semak berkayu yang tumbuh dan banyak ditemukan di daerah tropis. Tanaman ini juga sering dikenal oleh masyarakat sebagai bahan pengobatan dan racun. Biji jarak bisa dijadikan pestisida alami karena mengandung senyawa reisin dan alkaloid. Sasaran hama dalam penggunaan pestisida dari biji jarak antara lain hama ulat dan hama penghisap.

Mimba


Mimba merupakan tanaman yang sering kita temukan, mimba bisa dijadikan pestisida alami yaitu daunnya, daun mimba merupakan antiserangga alami, ekatrak daun mimba merupakan fungisida yang mampu mengendalikan penyakit antraknosa pada tanan apel. Selain itu juga bisa mengendalikan hama sasaran seperti ulat, jamur bakteri, hama penghisap dan serangga.

Daun tembakau


Daun tembakau dikenal dengan kandungan yaitu nikotin, Kandungan nikotin yang ada pada tembakau dapat membunuh serangga dan kutu, antara lain sperti hama aphids, ulat bulu, penyakit virus, keong dan siput.

Pestisida alami yang sudah dipaparkan di atas memiliki kekurangan, yaitu pestisida yang sudah dibuat tidak bisa disimpan lebih lama seperti peatisida kimia, jadi untuk pembuatan pestisida alami harus seperlunya untuk penyemprotan.

Dalam penggunaan setiap pestisida alami diharapakan hanya untuk mencegah datangnya hama bukan untuk membasmi hama, kadang kurang efektif untuk membasmi hama. Semoga informasi yang saya jelaskan bisa bermanfaat untuk anda dan terima kasih telah berkunjung.

0 Response to "Jenis-jenis dan Hama Sasaran Dari Pestisida Alami"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel