-->

Cara Mudah Menanam Seledri Agar Tumbuh Subur

Panduan Menanam Seledri di Pot atau Polybag - Seledri (Apium graveolens L.) adalah salah sayuran yang memiliki beebagai manfaay baik untuk sayuran daun dan tumbuhan obat, banyak orang memanfaat tanaman ini untuk bumbu masakan. Di Indonesia tanaman ini digunakan untuk lalapan, menyedapkan sup dan penghias makanan.
Cara Mudah Menanam Seledri Agar Tumbuh Subur

Selain dari daun dan batang yang digunakan untuk bahan makanan, bagian dari tanaman seledri lainnya pun bisa digunakan untuk obat yaitu bagian biji. Biji dari seledri bisa di ekstrak untuk dijadikan minyak obat.

Cara Menanam Seledri

Dalam membudidayakan tanaman seledri dapat dilakukan di dataran tinggi yang memiliki suhu dingin dengan ketinggian ± 1.000-1.500 meter dipermukaan laut.

Seledri dapat tumbuh di daerah berudara  panas tapi pertumbuhannya kurang baik karena sangat memerlukan air akan tetapi tidak tahan pada curah hujan. sehingga dalam penanaman seledri dalam skala luas memerlukan plastik UV bening sebagai naungan untuk melindungi dari curah hujan.

Di daerah dengan suhu udara dingin tanaman ini memiliki masa pertumbuhan yang panjang, sekitar 90 hingga 120 hari.

Pertumbuhan seledri tergantung pada kondisi tanah yaitu harus tanah yang subur dengan kaya kandungan unsur organik, sehingga sebelum penanaman kita harus mencampurkan tanah dengan pupuk organik.

Cara Pembibitan Seledri

Untuk menanam seledri bisa dilakukan dengan dua cara yaitu cara generatif (dari biji) dan cara vegetatif (dari anakan). Cara perbanyakan generatif biasanya diterapkan pada penanaman seledri dalam skala luas atau komersial. Untuk penanaman skala rumah atau pekarangan seperti dalam pot atau polybag biasanya menggunakan vegetatif karena lebih mudah dilakukan.

Kedua cara perbanyakan diatas bisa dilakukan untuk menanam seledri dalam pot, yang membedakan kedua cara diatas adalah masa penanaman hingga berbeda.

Jika kita menggunakan cara perbayakan generatif masa pertumbuhannya akan lama karena kita harus melakukan penyemaian bibit seledri teelebih dahulu.

Berbeda dengan cara perbanyakan vegetatif, cara ini lebih cepat masa pertumbuhannya karena kita langsung menanam anakan  bibit seledri langsung.

Jika anda ingin mengetahui kedua cara perbanyakan yang tadi disebutkan maka bacalah artikel ini sampai selesai.

 1.Cara Perbanyakan Generatif

Pertama kita akan menjelaskan perbanyakan generatif. Siapkan bibit seledri, anda bisa mendapatkan dengan membeli di toko pertanian di dekat rumah atau secara online.

Setelah bibitnya sudah ada, semai biji terlebih dahulu ke media penyemaian. Apabila biji telah tumbuh menjadi bibit, pindahkan bibit ke dalam pot atau polybag. Berikut panduan lengkapnya:

Sebelum biji disemai, rendam terlebih dahulu dalam air perangsang akar seperti RootMost atau jika tidak ada bisa menggunakan air hangat ± 50-60 derajat celcius selama 1 jam.

Kemudian siapkan tempat persemaian bisa berupa bedengan atau menggunakan tray semai atau juga mengguna kan baki semai.

Media penyemaian terdiri dari campuran tanah dan pupuk kompos yang telah diayak dengan perbandingan 2:1 dan lakukan penyemaian biji secara merata jangan terlalu berlebihan.

Jika menggunakan bedengan untuk media semai maka kita harus mempersiapkan naungan berupa plastik agar tidak terkena curah hujan dan sinar matahari.

Lakukan perawatan penyemaian dengan menyiram air secukupnya pada pagi atau sore hari agar media semaian terjaga kelembabannya.

Setelah bibit berumur satu bulan atau telah tumbuh daun 3-4 helai, pindahkan ke pot atau polybag. Lakukan hati-hati agar akar bibit tidak rusak atau patah.

2. Cara Perbanyakan Vegetatif

Cara Mudah Menanam Seledri Agar Tumbuh Subur

Untuk cara perbanyakan vegetatif bisa dilakukan apabila kita telah memiliki tanaman seledri yaitu dengan memilah anakan dari rumpun tanaman seledri. Kemudian tanaman anakan ke pot atau polybag.

Apabila bibit seledri siapa untuk dipindahkan, maka siap pot atau polybag berukuran sedang kemudian isi dengan media tanam yang terdiri dari campuran tanah dan pupuk kompos, bisa juga dengan menambahkan arang sekam atau serbuk gergaji dengan perbandingan 1:1:1.

Perawatan Tanaman Seledri

Apabila tanaman seledri baru dipindahkan lakukan penyiraman secara teratur setiap pagi dan sore selama satu minggu. Setelah itu, kurangi frekuensi penyiraman menjadi  2-3 kali dalam satu minggu atau tergantung kondisi cuaca.

Ketika tanaman seledri berumur 2 minggu maka lakukan pemupukan kembali menggunakan pupuk kompos, kandang atau hayati. Bisa juga melakukan penyiraman yang telah dicampurkan dengan POC (Pupuk Organik Cair) secukupnya.

Panen Tanaman Seledri

Panen Tanaman seledri biasanya terjadi setelah tanaman berumur 1-2 bulan dari masa tanam, tergantung varietasnya. Panen untuk tanaman seledri yang daunnya telah rimbun.

Cara penen tanaman seledri bisa dengan memotong pangkal batang secara berkala. Atau panen juga bisa dilakukan dengan cara dicabut.

Mungkin penjelasan mengenai cara menanam seledri dengan benar cukup sekian, semoga penjelasan diatas bisa bermanfaat untuk anda.

0 Response to "Cara Mudah Menanam Seledri Agar Tumbuh Subur"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel