-->

Cara Mudah Menanam Cabe di Rumah

Bumbu dapur merupakan bahan yang sangat penting untuk setiap masakan, bumbu dapur seperti cabe adalah kebutuhan utama jika seseorang menyukai masakan pedas. Dilihat dari kebutuhan tersebut dan harga cabe yang selalu berfluktuasi, alangkah baiknya kita bisa menghemat pengeluaran dapur dengan cara menanam tanaman cabe sendiri di rumah.
Cara Mudah Menanam Cabe di Rumah
Cabe Merah dan Cabe Rawit
Menanam cabe dirumah cukuplah mudah, akan tetapi sebelum menanam sebaiknya anda mengetahui sedikit tentang jenis cabe yang ada, diantaranya adalah cabe gendot, cabe kathur, cabe keriting, cabe Jalapeno, dan paprika. Namun jenis cabe yang menjadi primadona untuk masyarakat Indonesia adalah jenis cabai rawit dan cabai. merah

Untuk itu kita akan menjelaskan langkah-langkah cara menanam cabe dirumah, dimulai dari pemilihan bibit cabe, menyemai bibit cabe, menyiapkan media tanam, pemupukan dan perawatan tanaman cabe dan pemanenan tanaman cabe. Untuk itu kita langsung saja dan ikuti langkah-langkah dibawah ini.

1. Bibit Cabe

Untuk menanam cabe kita harus menyiapkan bibit. Siapkan bibit cabe yang berkualitas, anda bisa menyiapkan sendiri dengan membeli cabe yang segar dan kemudian kupas cabe tersebut lalu ambil bijinya. Setelah dirasa biji bibit cabe dirasa sudah cukup, jemur biji bibit cabe tersebut dibawah sinar matahari hingga kering.

Jika anda merasa tidak punya waktu untuk menyiapkan sendiri bibit cabe, anda bisa membeli bibit cabe tersebut di toko pertanian. Sebagai saran saja, alangkah baiknya anda menyiapkan sendiri bibit cabe, karena jika membeli anda pasti memiliki bibit cabe berlebih sehingga sayang jika kita ingin menanam cabe skala kecil seperti di rumah dan harga bibit cabe cukup mahal jadi sayang jika kita membeli bibit cabe di toko pertanian.

2. Menyemai Bibit Cabe

Langkah berikutnya untuk menanam cabe yaitu menyemai bibit cabe yang kita persiapkan. Untuk menyemai bibit cabe anda bisa menggunakan tray (tempat khusus pembibitan) atau menggunakan wadah atau tempat berbentuk persegi panjang dengan ukuran panjang ± 15 cm dan tinggi 3 cm dan bisa juga menggunakan gelas plastik bekas yang sudah di beri lubang bagian bawahnya/polybag. Isi tray atau gelas plastik sudah disiapkan tadi dengan  media tanam penyemaian seperti arang sekam atau bisa menggunakan tanah bagian atas/top soil yang dicampur dengan pupuk organik (pupuk kompos atau pupuk kandang) dengan komposisi 1 : 1.

Jika menggunakan gelas plastik bekas atau polybag siapkan media tanam tanah bagian atas/top soil yang telah dicampurkan pupuk organik dengan arang sekam dengan komposisi 1 : 1. Lalu masukan kedalam gelas plastik atau polybag kemudian masukan bibit cabe diatas media semai dan simpan gelas plastik atau polybag ke temapat yang teduh atau yang terlindungi dari sinar matahari dan hujan, setelah selesai jangan lupa untuk disiram secukupnya setiap hari hingga tumbuh kecambah.

3. Menyiapkan Media Tanam

Jika anda ingin menanam cabe di tanah halaman rumah maka terlebih dahulu gemburkan tanah lalu campurkan dengan pupuk organik dan sekam mentah dengan komposisi 3 : 2 : 1.

Apabila anda ingin menanam cabe di polybag atau menggunakan pot, maka siapkan polybag atau pot yang berdiameter 30 cm, lalu masukan media tanam (tanah, pupuk organik dan sekam mentah yang telah di campurkan dengan komposisi 3 : 2 : 1). Dan simpan polybag atau pot di halaman yang tersinari matahari.

3. Penanaman Cabe

Setelah tempat menanam telah dipersiapkan dan bibit cabe telah berumur 4 minggu, maka pindahkan benih cabe dengan hati-hati jangan sampai akar dari benih rusak. Catatan untuk setiap polybag atau pot tanam satu (1) benih cabe.

4. Pemupukan dan Perawatan Tanaman Cabe

Setelah benih cabe ditanam dan sudah berumur 2 minggu setelah dipindahkan, pupuk tanaman cabe dengan pupuk kompos sehingga tanaman lebih organik. Apabila pemupukan menggunakan pupuk kimia seperti urea atau NPK, tebar pupuk kimia tersebut sedikit ± 10 butir pupuk NPK.

Lakukan penyiraman setiap 2 hari sekali, dan apabila ada tanaman lain yang tumbuh disekitar tanaman cabe, anda harus menyiangi secara rutin agar tanaman cabe tumbuh dengan tanpa ada gangguan tanaman lain.

5. Pemanenan Tanaman Cabe

Setelah tanaman cabe masuk masa panen, anda bisa memanen cabe yang memiliki warna merah segar.

Setelah anda membaca penjelasan di atas mengenai cara menanam cabe merah dirumah, ternyata cukup mudah bukan. Anda hanya cukup mengikuti langkah-langkah yang saya jelaskan.

0 Response to "Cara Mudah Menanam Cabe di Rumah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel