-->

Cara Menanam dan Memelihara Tanaman Hias Pakis

Tumbuhan paku-pakuan atau pakis-pakisan adalah sekelompok tumbuhan dengan sistem pembuluh sejati (Tracheophyta), tumbuhan pakis tidak menghasilkan biji untuk reproduksi seksual.

Kelompok tumbuhan ini melepaskan spora sebagai alat pengembangbiakannya, menyerupai kelompok organisme seperti lumut.

Tumbuhan pakis sudah tumbuh sekitar 360 juta tahun yang lalu tetapi suku-suku dan jenis-jenis modern baru muncul sekitar 145 juta tahun yang lalu. Pemanfaatan tumbuhan paku atau pakis oleh manusia terbatas.

Kebanyakan tumbuhan pakis dimanfaatkan menjadi tanaman hias, sebagian kecil dimanfaatkan sebagai tumbuhan obat.

Bentuk luar (morfologi) tumbuhan pakis bermacam-macam, sesuai dengan hasil evolusi adaptasinya. Secara umum, pakis dikenal karena daunnya tumbuh dari tunas secara menggulung (circinate vernation).

Selain itu penampilan luar pakis ada yang berupa pohon (pakis pohon, biasanya tidak bercabang), semak, tumbuhan merambat, hidrofit, tetapi biasanya berupa terna dengan rimpang yang menjalar di tanah atau humus.

Sebagian besar tumbuhan pakis tumbuh di daerah beriklim basah. Tumbuhan pakis biasanya tumbuh ditempat lembab, seperti tanah hutan yang lembab, tebing perbukitan, menempel atau merambat pada batang pohon atau bebatuan, di dalam air kolam/danau.

Ketersediaan air yang cukup pada jangka waktu tertentu sangat diperlukan karena tumbuhan pakis sangat membutuhkan ketersediaan air.

Karena itulah, tumbuhan ini juga lebih banyak ditemukan di kawasan pegunungan yang basah dan teduh.

Dilihat dari tulisan di atas anda pasti telah mengetahui sedikit tentang cara menanam dan merawat tumbuhan pakis. Dibawah ini akan saya jelaskan bagaimana cara menanam dan merawat tumbuhan pakis untuk tanaman hias di dalam dan di luar ruangan.

Cara Menanam dan Merawat Tumbuhan Pakis di Dalam Ruangan

Pemilihan Tanaman Pakis untuk diruangan harus tumbuhan pakis yang di peruntukan untuk tanaman hias dalam ruangan lebih cocok memilih jenis Pakis dari daerah beriklim tropis. Karena untuk tanaman hias sangat cocok di dalam ruangan atau dimana lokasi tumbuhan Pakis tersebut ditempatkan pada kisaran suhu 20°C.

Lokasi Penanaman Tumbuhan Pakis

Lokasi penanaman tumbuhan pakis harus diperhatikan untuk tumbuhnya tumbuhan pakis dengan baik, terlalu banyak mendapatkan cahaya matahari kurang baik untuk pertumbuhan tumbuhan tersebut. Jadi pilihlah lokasi penanaman yang baik seperti bagian rumah yang tidak langsung terkena cahaya matahari.

Faktor Kelembaban

Tumbuhan Pakis sangat menyukai kelembaban tempat dan udara yang tinggi. Jadi tanam tumbuhan pakis menggunakan pot ganda untuk mempertahankan kelembaban, selain dengan cara itu, untuk memepertahankan kelembaban bisa juga menggunakan mesin pelembab udara atau Humidifier.

Penyiraman Secara Teratur

Tumbuhan pakis sangat menyukai kelembaban udara yang tinggi dan kondisi tanah yang basah. Karena itu perhatikan kondisi media tanam tumbuhan pakis agar selalu basah. Lakukan penyiraman secara teratur setiap hari dengan air secukupnya.

Pemupukan secara berkala

Pemupukan tumbuhan pakis dilakukan secara berkala yaitu 1 bulan sekali, akan tetapi jika tumbuhan pakis baru di tanam, pemupukan dilakukan minimal 6 bulan setelah penanaman dalam pot. Selain itu juga diperlukan penambahan pupuk cair dengan cara di semprotkan ke tanaman agar unsur hara yang dibutuhkan bisa terpenuhi.

Cara Menanam dan Merawat Tumbuhan Pakis Diluar Ruangan

Cari Lokasi penanaman yang Tepat

Jika anda memiliki tumbuhan pakis yang sudah tumbuh di taman sebaiknya tanaman pakis tidak dipindahkan ke tempat lain, kecuali tanaman tersebut terserang penyakit dan terendam oleh air.

Penanaman tumbuhan Pakis diluar ruangan harus diperhatikan lokasi penanamannya, buat lokasi penanaman tumbuhan pakis tidak terendam dengan air dengan cara jalur air ketika hujan terbuang dengan baik.

Tumbuhan pakis di luar ruangan juga menyukai udara lembab oleh sebab itu media tanam (tanah) harus diperhatikan kelembabannya dan lokasi untuk menanam pakis juga tidak boleh langsung terkena cahaya matahari sebaiknya penanaman dilakukan dibawah pohon yang lebih tinggi dari tumbuhan pakis teraebut.

Penyiraman Teratur Agar Tanah Tetap Basah

Pada saat musim panas/kemarau anda harus selalu memperhatikan lokasi tanam tumbuhan pakis tersebut agar tanahnya tetap basah, lakukan penyiraman secara teratur setiap pagi. Jika butuhkan lakukan juga penyiraman pada sore hari.

Lakukan Pemupukan Setiap Bulan

Pemupukan tumbuhan pakis untuk pertama kali di lakukan minimal 6 bulan setelah penanaman. Pemupukan selanjutnya dilakukan setiap bulan sekali dan jika di butuhkan penyemprotan pupuk cair dan pestisida di lakukan setiap minggu agar mendapat hasil yang maksimal.

Bersihkan tumbuhan Pakis dari Daun yang Rusak

Daun yang rusak pada tumbuhan pakis harus segera dibersihkan, potong daun yang rusak atau yang terserang oleh hama atau penyakit agar tidak menyebar ke daun yang sehat. Ini dilakukan untuk menjaga kualitas daun dari tumbuhan pakis tetap terjaga.

Tumbuhan Pakis yang di peruntukan untuk tanaman hias baik yang ditempatkan didalam maupun diluar ruangan memerlukan perhatian khusus, jika tumbuhan pakis tumbuh semakin besar, lakukan pemisahan tumbuhan pakis agar tanaman tumbuh dengan baik. Lakukan dengan tidak merusak akar tanaman agar tumbuhan pakis yang dipisahkan bisa tumbuh dengan baik pula.

0 Response to "Cara Menanam dan Memelihara Tanaman Hias Pakis"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel