-->

5 Jenis Tanaman Penutup Tanah (ground cover) Untuk Halaman Rumah

Jenis Tanaman Penutup Tanah (ground cover) -
Dalam mengelola taman didepan rumah kadang kita merasa bosan melihat halaman kita hanya tertutup dengan rerumputan saja. Kita mesti merubah oleh sesuatu yang menarik sehingga kita bisa lebih nyaman saat kita melihatnya.
5 Jenis Tanaman Penutup Tanah (ground cover) Untuk Halaman Rumah

Dalam mengatur tanaman yang ada di halaman rumah agar terlihat indah, kita beberapa komponen seperti groundcover. Groundcover adalah jenis tanaman yang bisa menutupi tanah.
Jenis tanaman groundcover atau penutup tanah banyak jenisnya, diantaranya adalah sebagai berikut :
- Tanaman Penutup Tanah Rendah seperti Eupatorium triplinerve Vahl (prasman/jukut prasman, daun panahan), Salvia occidentalis Schwartz (lagetan, randa nunut).
- Tanaman Penutup Tanah Sedang seperti  Crotalaria anagyroides HBK, Tepherosia vogelii, Tephrosia candida DC, Desmodium gyroides DC (kakatua, jalakan), Lantana camara L (gajahan, seruni),
- Tanaman Penutu Tanah Tinggi seperti Albizia falcata (sengon laut, jeunjing), Grevillea robusta A Cum, Gigantolochloa apus (bambu apus), Pithecellobium saman benth (pohon hujan), Erythrina sp (dadap).

Dari beberapa jenis tanaman di atas yang saya sebutkan, nanti akan saya jelaskan karakter dari beberapa tanaman penutup tanah. Maka dari itu bacalah sampai selesai artikel ini agar bisa menambah referensi anda dalam mencari tanaman penitup tanah.

Kita langsung saja, inilah ulasan dari Jenis Tanaman Penutup Tanah (ground cover) diantaranya adalah :

1. Tanaman Azalea

Tanaman jenis ini memiliki beragam warna dan corak, warna bunga ini seperti bunga azalea warna pink, ungu, putih dan lain lain. Tanaman satu ini merupakan jenis tanaman hias yang sangat memerlukan cahaya sinar matahari secara langsung. Dan perlu anda ketahui tanaman jenis ini hanya bisa berbunga pada saat musim panas saja.

2. Tanaman Lantana

Tanaman ini merupakan salah satu jenis yang sering direkomendasikan oleh jasa pertamanan, karena tanaman lantana mampu beradaptasi di berbagai lingkungan dan untuk perawatannya pun cukup mudah. Sehingga tanaman jenis ini tidak mudah rusak walaupun sudah berganti musim.

3. Tanaman Day Lily

Untuk tanaman jenis ini memang tidak semua jenis bisa tumbuh di daerah tropis seperti di indonesia. Bisa dikatakan ada beberapa jenis saja yang bisa tumbuh indah di daerah tropis yaitu lily day hemerocallis stella d oro yang memiliki bentuk seperti rerumputan dan bisa merambat secara perlahan melalui rimpang rizoma. Tanaman ini sangat menyukai sinar matahari sehingga tanaman ini berbunga serempak pada musim panas.

4. Tanaman asoka

Tanaman asoka termasuk salah satu jenis bunga hias. Bunga yang sangat mirip seperti bunga mawar dan bunga hias lainnya. Bunga ini merupakan bunga yang memiliki banyak penggemar. Di sebagian belahan dunia bunga asoka adalah tanaman yang dianggap suci oleh agama Hindu, bunganya akan mengeluarkan harum pada malam hari pada bulan April dan Mei setiap tahunnya. Pohon tanaman ini sering disebut juga dengan bunga cinta dan kesucian.

5.  Tanaman Ligustrum

Tanaman legistrum memiliki daun kuning yang sangat indah, tanaman ini juga merupakan jenis tanaman hias ground cover, karena memiliki warna yang sangat dominan tamana ini bisa digunakan sebagai komponen tanaman yang cocok dengan berbagai konsep penataan tanaman halaman. Selain itu tanaman ini mudah beradaptasi disetiap kondisi lingkungan.

Demikian artikel mengenai 5 jenis tanaman untuk penutup tanah (ground cover) yang mungkin cocok untuk halaman anda. Pilihlah tanaman yang cocok dengan konsep halaman anda agar bisa terlihat serasi dan indah. Selain dari warna tanaman pilihlah juga tanaman yang bisa beradaptasi pada setiap kondisi lingkungan agar mudah dirawatnya.

0 Response to "5 Jenis Tanaman Penutup Tanah (ground cover) Untuk Halaman Rumah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel