-->

Cara Menanam Tanaman Tomat

Tomat adalah tanaman yang sangat cepat panen usia dari tanam sampai dengan panen ± 9 minggu dengan tinggi ± 1 - 3 meter. Tanaman ini berbuah ketika masak dengan warna hijau, kuning ungu, dan merah.

Buah tomat sering digunakan untuk pelengkap masakan, minuman dan bisa juga di konsumsi secara langsung.

Dalam pertumbuhannya tanaman ini bisa tumbuh dimana saja baik dataran rendah maipun dataran tinggi yang memiliki kandungan air yang cukup untuk pertumbuhannya.

Tanaman ini tidak menyukai air yang berlebih karena pada setiap musim hujan buah tomat ini cukup mahal harganya.

Dalam pembudidayaan tanaman ini menjadi pilihan terbaik untuk para petani selain usia tumbuh hingga panen yang sangat singkat yaitu 9 minggu.

Tanaman ini juga mudah dalam pemeliharaan. Untuk memelihara tanaman ini dalam perrumbuhannya perlu ditopang oleh ajir atau dengan tali agar tanaman ini tidak roboh.

Pada masa ini cara menanam tanaman bisa dilakukan dengan berbagai cara, mulai dari konvensional atau dengan tanam vertikultur seperti hidroponik, cara tanam menggunakan pot atau polybag.

Untuk pembudidayaan tanaman ini mudah untuk dilakukan oleh karena itu ikuti langkah-langkah dibawah ini tentang cara menanam tomat

Langkah-langkah Cara Menanam Tomat Hingga Panen

1. Pilih jenis tanaman

Jenis tanaman tomat ada ratusan akan tetapi banyak orang mengelompokan tanaman ini berdasarkan pada bentuk atau manfaat dari buahnya.

Di bawah ini pengelompokan tanaman tomat menurut bentuk dan ukuran, antara lain:

a. Tomat Granola

Tomat Granola atau yang biasa disebut dengan tomat buah, jenia ini memiliki bentuk bulat dengan pangkal buah mendatar. Tomat jenis ini banyak dikonsumsi secara langsung tanpa proses apapun.

b. Tomat Gondol

Tomat Gondol adalah tanaman yang buah yang memiliki bentul lonjong dan digunakan pula untuk campuran masakan, tomat jenis ini sering  digunakan untuk bahan pembuatan saus. yangsa dibuat saus.

c. Tomat Sayur

Tomat Sayur yaitu tomat dengan buah bertekstur padat, kasar dan rasanya sedikit asem, tomat jenis juga sering dipakai untuk bahan olahan dalam memasak.

d. Tomat Ceri

Tomat Ceri (tomat ranti) adalah tomat yang buahnya berukuran kecil, paling mudah untuk dibudidayakan karena tomat sangat mudah tumbuh.

Jika kita berada di kebun kadang tomat  Dari penjelasan di atas mengenai pengelompokan jenis tomat, sangat memungkinkan bagi anda untuk bisa memilih bibit apa yang akan tanam.

Pilihlah bibit yang cocok denga kondisi iklim di tempat anda agar tanaman yang akan anda tanam bisa tumbuh dengan baik.

2. Penyemaian Bibit Tomat

Setelah mendapatkan bibit tomat yang diinginkan, siapkan tempat pembenihan yaitu berupa tanah yang sudah di gemburkan berupa bedengan.

Bisa juga mengunakan tray yaitu wadah pembenihan khusus berbentuk kotak- kotak terbuat dari plastik.

Upayakan tempat pembenihan bibit tidak terkena air hujan dan sinar matahari secara langsung agar pertumbuhannya bisa cepat dan maksimal.

- Untuk penyemaian bibit dengan menggunakan bedengan terlebih dahulu bedengan tersebut disiram dengan air lalu semai benih dengan merata, jangan sampai bibit bertumpuk  agar pertumbuhan bibit tumbuh dengan baik.

- Untuk penyemaian bibit dengan menggunakan tray terlebih dahulu tray di isi dengan media tanam berupa bubuk halus dari Cocopeat lalu siram dengan air dan kemudian semai bibit tomat kedalam kotak tray, setiap kotak isi 2-3 benih tomat.

Setelah bibit disemaikan lakukan penyiraman dengan interval 2 hari sekali, usahakan penyiraman tidak menggangu bibit.

Penyiraman bisa anda lakukan dengan menggunakan penyemprot atau spray yang telah di isi dengan air.

3. Pemindahan bibit tomat

Setelah bibit tomat tumbuh kira-kira berumur satu (1) bulan atau bila dilihat dari penampilan tanaman setelah tanaman memiliki 3 - 5 helai daun, baru tanamam tomat tersebut di pindahkan ke lahan atau pot atau polybag.

Cara pemidahan bibit bisa dilakukan dengan dua cara yaitu;

Cara pertama, anda bisa mencabut langsung,
Sebelumnya tempat pembenihan harus disiram terlebih dahulu agar tanah atau media tanam menjadi gembur sehingga mudah untuk di cabut.

Pemindahan dengan dicabut dilakukan dengan pelahan agar akar tanaman tidak putus dan tempatkan bibit ke lahan pemeliharaan.

Cara kedua, lakukan pencabutan bibit tomat dengan mencabut tanaman beserta tanah atau media tanaman penyemaian.

Untuk caranya bisa mengguna pingset dengan cara mencapit tanah atau media tanam berserta bibitnya, atau dengan cara mencungkil tanah atau media tanam beserta bibitnya.

4. Pemeliharaan dan perawatan

Untuk pemeliharaan tanaman tomat sangatlah mudah, hanya dengan melakukan penyiraman, penyiangan, pemupukan secara berkala.

Pemeliharaan tanaman tomat berupa penyiraman dilakukan secara berkala yaitu 2 - 3 hari sekali, tergantung dengan cuaca panas tidaknya.

Jika pada musim panas lakukan 2 hari sekali dan padanmusim hujan bisa dilakukan 3 - 4 hari sekali.

Lakukan penyemprotan insektisida secara rutin seminggu sekali, tanaman biasanya terserang penyakit jamur dan hama ulat.

Jadi, gunakan fungisida dan insektisida dengan dosisi menurut produsen yang mengeluarkan pestisida tersebut.

Dan lakukan penyiangan tanaman tomat tomat dari gulma agar bisa tumbuh dengan baik, jika tanaman sudah tinggi mencapai 30 cm lakukan pemasangan ajir atau tali agar tamana tidak roboh.

Berikan pupuk jika tanaman sudah berumur satu minggu dari pemindahan, anda bisa menggunakan pupuk organik berupa kotoran hewan atau anorganik berupa NPK.

Bila tanaman cepat berbuah lakukan pembuangan dahan bagian bawah secukupnya. Hal ini dilakukan setelah pemasangan ajir atau tali.

5. Pemanenan

Tanaman tomat bisa dipanen ketika berumur 9 minggu atau ±2,5 bulan, ketika tanaman tomat sudah pada masa panen.

Buah tomat tidak serentak untuk dipanen melainkan ada masa ketika buah tomat itu hijau, kuning dan selanjutnya merah, pada saat buah tomat berwarna merah baru bisa di panen.

Akan tetapi ada juga buah tomat yang dipanen saat berwarna hijau.

Pemanenan tanaman biasanya dilakukan setiap 3-5 hari sekali ketika buah tomat berwarna merah, waktu pemanenan yang tepat untuk buah tomat yaitu sekitar pagi hari sampai siang hari.

6. Manfaat Buah Tomat

Selain untuk bahan campuran masakan, tanaman ini juga memiliki manfaat lain yang tidak kalah bergunanya untuk tubuh yaitu untuk perawatan kecantikan.

Tomat untuk produk kecantikan karena tomat memiliki banyak kandungan vitamin C yang bisa digunakan untuk mengecilkan pori-pori dan mencerahkan kilit pada muka kita.

Sekian artikel tentang cara menanam tanaman tomat, semoga bisa membantu anda yang akan memulai menanam buah tomat.

0 Response to "Cara Menanam Tanaman Tomat "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel