-->

Cara Menanam Anggur dari Biji Dengan Benar

Anggur adalah tanaman yang memiliki manfaat besar untuk tubuh manusia. Kandungan yang ada dalam buah anggur membantu tubuh dalam proses metabolisme dan mencegah perkembangan sel kanker.

Selain manfaat di atas buah ini juga berperan sebagai anti-oksidan yang berfungsi untuk menangkal radikal bebas karena buah ini mengandung senyawa metabolit.

Kandungan dari buah ini begitu banyak manfaatnya sehingga banyak orang yang menyukai buah ini, kandungan yang bermanfaat itu adalah vitamin A, B6, K dan vitamin C, kandungan lain yang ada dalam buah anggur adalah karbohidrat, fosfor, zat besi, magnesium, lemak jenuh, potassium dan bebas dari kolesterol.

Buah anggur ini banyak dikonsumsi langsung dan bisa juga diolah sebagai jus, minuman anggur (wine) dan minyak dari biji anggur.

Selain buahnya yang bermanfaat, banyak orang juga memanfaatkan tanaman ini sebagai penghias halaman rumah karena tanaman ini tumbuh merambat dan memiliki banyak daun.

Jika tanaman ini ditanam ditempat yang tepat dihalaman rumah maka akan memberikan keindahan, kesejukan dan kesehatan dari buahnya.

Bagi anda yang ingin menanam buah seribu manfaat ini, bisa anda lakukan dengan teknik pencakokan atau dengan cara stek. Selain dua (2) cara yang disebutkan tadi, ada cara lain untuk mendapatkan tanaman ini yaitu menanam anggur dari biji.

Bagaimana Cara Menanam Tanaman Anggur Dari Biji?

Siapkan Bibit Berkualitas

Untuk hal pertama yang harus anda siapkan yaitu bibit anggur dari biji. Pilihlah varietas anggur yang ingin anda tanam, pilih bibit yang bisa tumbuh dengan baik dan cocok untuk iklim disekitar tempat tinggal anda.

Jikan bibit biji anggur sudah anda dapatkan, cobalah rendam bibit tersebut untuk diuji apakah bibit tersebut berkualitas baik atau tidak.

Apabila bibit biji anggur itu mengapung maka bibit biji tersebut tidak berkualitas, buanglah bibit biji tersebut agar tidak terpakai untuk pembibitan.

Jika bibit biji anggur yang berkualitas sudah diperoleh, rendam biji tersebut ke dalam wadah berisi air. Untuk hasil yang maksimal campurkan air tersebut dengan ZPT (perangsang akar) untuk meningkatkan proses perkecambahan.

Kemudian lakukan proses simulasi misim dingin atau disebut dengan stratifikasi dingin agar biji bisa berkecambah. Proses cara stratifikasi yaitu dengan meletakan biji pada tisu yang sudah basahi, tempatkan tisu yang sudah letakan biji di wadah kemudian bungkus wadah tersebut menggunakan plastik transparan. Selanjutnya simpan wadah tersebut di lemari es dengan suhu 2-3°C selama tiga (3) bulan.

Penyemaian biji

Setelah proses stratifikasi dingin selesai, selanjutnya semaian biji anggur tersebut ke pot yang sebelumnya pot tersebut sudah di isi dengan media tanam serbuk cocopeat (jangan gunakan serat cocopeat hanya serbuk dari cocopeat) atau bisa menggunakan tanah yang sudah digemburkan dengan di campurkan pupuk kandang, alangkah lebih baiknya pot yang digunakan pun menggunakan pot tanah liat. Setalah biji di masukan ke pot biasanya pada umur 3 - 6 minggu akan muncul kecambah.

Pemindahan Bibit Tanam Anggur

Proses pemindahan ini dilakukan setelah bibit tanaman anggur yang disemai sebelumnya telah tumbuh setinggi 8 cm. Pindahkan bibit tersebut ke pot yang lebih besar diameternya. Pemindahan ini bertujuan agar akar tanaman anggur bisa berkembang baik dan tanan anggurpun menjadi tumbuh maksimal.

Apabila bibit sebelumnya sudah setinggi  ± 30 cm, anda bisa memindahkan ke halaman rumah agar tanaman anggur bisa tumbuh dengan baik dan pekarangan rumah pun akan menjadi indah.

Akan tetapi sebelum memindahkan tanam anggur tersebut, buatlah jaring memanjang dengan menggunakan kawat agar lebih kokoh dan tahan lama dengan lebar 4 kotak dan panjang terserah anda(untuk ukuran kotak 8x8 cm).

Dibuatnya jaring seperti ini karena tanaman anggur tumbuh merambat jika ruang tumbuh tanaman ini luas maka pertumbuhan anggur akan maksimal.

Perawatan

Pada masa pertumbuhan tanam anggur ini harus disirami secara rutin yaitu 3 hari sekali dan lakukan juga pemberian unsur hara berupa pupuk secara berkala, gunakan pupuk NPK agar tanaman terpenuhi nutrisi yang dibutukannya.

Setelah semuanya dilakukan dengan baik, anda tinggal hanya menunggu tanaman berbuah, kemunglinan berbuahnya sekitar 1-3 tahun.
Sekian artikel tentang cara menanam anggur, semoga artikel ini bisa membantu  anda dalam memulai menanam tanaman anggur.
Selamat mencoba..

0 Response to "Cara Menanam Anggur dari Biji Dengan Benar"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel