-->

Macam-macam dan Contoh dari Tanaman Umbi

Umbi adalah tanaman yang tumbuh dengan mengalami perubahan wujud dan ukuran dengan kata lain tumbuh dengan mengakibatkan perubahan fungsi.

Perubahan yang terjadi mengakibatkan adanya perubahan pada anatomi tumbuhan tersebut. Adapun perubahannya terjadi dengan membentuk umbi pada bagian akar dan batang.

Pertumbuhan umbi biasanya terjadi di bawah permukaan tanah dengan membentuk tanaman bagian bawah,  terdapat pula perubahan tanan terbentuk jauh di dalam maupun di atas permukaan tanah.

Macam-macam Jenis Tanaman Umbi dan Contohnya


Tanaman umbi dapat dibedakan menjadi tiga kelompok yaitu berdasarkan bagian tanaman dipermukaan tanah yang terjadi perubahan bentuk. Untuk lebih jelasnya akan saya jelaskan tiga (3) jenis tanaman umbi tersebut, diantaranya adalah

Tanaman Umbi Akar

Umbi akar menurut pengertian dasarnya merupakan umbi yang terbentuk dari akar.  Dilihat dari pengertiannya, umbi akar dapat terbentuk dari akar, seperti tanaman umbi wortel dan tanaman lobak, selain itu ada umbi dari akar cabang, seperti tanaman umbi singkong dan ubi jalar.

Tanaman Umbi Batang

Umbi batang merupakan tanaman umbi yang perubahannya terjadi pada struktur batang, contohnya seperti geragih atau rimpang. biasanya umbi ini cara memperbanyak tanamannya maelaui umbi tersebut. Contohnya pada saat kita akan menanam tanaman umbi kentang, kita bisa memilih bibit yang bagus dari membeli kentang maupun dari hasil panen dari tanaman umbi kentang. Tanaman umbi batang lainya seperti Jahe, umbi dahlia, kunyit dan tanaman lainnya.

Tanaman Umbi Lapis

Umbi lapis merupakan tanaman sejenis umbi yang pembentukannya terjadi dari tumpukan pangkal daun yang tersusun rapat. Tanaman umbi ini berbeda dengan tanaman umbi akar dan batang karena tanaman umbi ini tidak mengumpulkan atau mengakumulasi karbohidrat. Contoh dari tanam umbi jenis ini adalah tanaman suku monokotil seperti kelompok bawang-bawangan (bawang merah, bawang putih dan bawang bombay).

Demikian artikel hari ini tentang macam-macam tanaman umbi. Semoga artikel ini bisa menambahkan referensi anda mengenai pengetahuan tanaman umbi.

0 Response to "Macam-macam dan Contoh dari Tanaman Umbi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel