-->

Jenis-jenis/Varietas Tanaman Padi di Indonesia

Tanaman padi merupakan salah satu jenis tanaman yang menjadi bahan makanan pokok orang di Indonesia, karena tingginya kebutuhan penduduk indonesia terhadap padi sebagian besar petani di indonesia banyak yang menanamnya.

Sehingga banyak varietas padi yang ditanam di indonesia, perkembangan varietas padi di indonesia sangat banyak mulai dari padi unggul, padi hibrida hingga padi lokal.

Jenis-jenis/Varietas Tanaman Padi

Padi Hibrida

Varietas padi hibrida merupakan kelompok bibit unggul yang telah terpilih atau menjadi keturunan langsung (generasi F1) dari hasil persilangan antara dua atau lebih jenis padi yang memiliki keunggulan masing-masing.

Hasil dari persilangan tersebut memungkinkan munculnya jenis padi baru yang memiliki keunggulan dari jenis padi yang silangkan.

Karena biaya penelitian yang mahal padi hibrida hanya bisa untuk sekali tanam, tidak bisa di tanam kembali oleh petani jika ditanam kembali hasil yang didapatkan tidak sama dengan hasil indukannya.

Hal ini sengaja direkayasa oleh penghasil bibit padi agar petani bisa membeli kembali bibit tersebut. Sehingga harga padi hibrida termasuk yang cukup mahal.

Adapun contoh dari padi hibrida adalah sebagai berikut :  PP1, H1, Bernas Prima, Intani 1 dan 2, Rokan, SL 8 dan 11 SHS,Manis-4 dan 5, MIKI 1-3, SL 8 SHS, SL 11 HSS, Maro, SEMBADA B3, B5, B8 DAN B9,  Hipa4, Hipa 5 Ceva, Hipa 6 Jete dan Hipa 7-10 11.

Padi Unggul

Padi unggul merupakan variestas hasil persilangan bibit unggulan lokal yang akan menjadi bibit unggul baru. Jenis bibit unggulan yang ada yaitu; Cibogoh, Cisadane, IR-64, Ciherang dan lain-lain.

Jenis Padi unggul bisa berkali-kali ditanam dan hasilnya pun sama dengan bibit induknya, hasil yang didapatkan mampu mencapai 8-10 ton/h, dan harga jual bibit padi unggul tidak mahal seperti bibit padi hibrida.

Selain contoh yang sebutkan di atas, ada xontoh lain varietas padi ungguli sepert Inpara 1-8, Inpari 34 Salin Agritan, Inpari 35 Salin Agritan, Inpari 1-21, Inpari 31, Inpari 33 dan Inpago 1-5.

Padi Lokal

Padi lokal merupakan varietas padi yang sudah ada sejak lama dan hanya beradaptasi di daerah tertentu. Varietas lokal memiliki kelebihan dan kekurangan di setiap daerah, sulit beradaptasi jika di tanam di daerah lain atau adaptasinya lama. Varietas ini bisa ditanam kembali menggunakan hasil panen sebagai bibit.

Adapun contoh dari varietas padi lokal yaitu Simenep danKetan Lusi dari Yogyakarta, Dharma Ayu dari Indramayu, Gundelan dari Malang dan Merong dari Pasuruhan.

Sekian informasi saya tentang jenis-jenis/varietas tanaman padi, semoga informasi bisa menambah ilmu pengetahuan tentang padi.

0 Response to "Jenis-jenis/Varietas Tanaman Padi di Indonesia"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel